Refleksi Pagi

Gambar

Setelah hampir dua minggu lebih berada di kota lama, menghabiskan waktu dengan diktat yang kadang membuat jenuh. Namun bila teringat wajah ibu yang menunggu, rasa itu kembali bisa ku tepis. Bisikan hati yang memanggilku meyakinkanku bahwa aku bisa melewati hari-hari itu. Iya, untuk ibu dan juga adik-adikku aku selalu meyakinkanku bahwa aku bisa! Satu minggu lagi kujalani dengan peran lain, kali ini aku harus bisa menjadi seorang kepala keluarga, lebih tepatnya mungkin belajar menjadi seorang kepala keluarga. Sebelum nanti benar-benar menjadi seorang kepala keluarga. (Aamiin ya Rabb)

Di kota lama waktu satu minggu terakhir ini kulewati dengan menemani seorang sahabat yang sedang diberikan cobaan oleh Allah, Allah memberikan cobaan berupa sakit diperutnya. Sakit magg yang sudah merambat ke liver. Semoga Allah cepat memberikan kesembukan kepadanya. Satu minggu sebenarnya tidak cukup untuk menemaninya, bukan karena aku harus memasak dan menyiapkan segala sesuatunya untuk dia, bukan karena itu. Untuk seorang sahabat, aku akan berusaha memberikan yang terbaik untuknya. Tapi kali ini posisiku benar-benar terdesak, aku harus kembali kepada rutinitasku seperti biasa, mengukir asa melukis peluh di café pelangi agar rindu kepada ibu bisa segera tercurah.

Masjid Ar-Rasul dua minggu kemarin menjadi tempat teduh yang telah memberikan banyak hikmah dan pelajaran, seperti kisah bapak tua yang aneh yang telah kutulis, serta pertemuan dengan orang Syiria yang ketika itu meminta kepada imam masjid untuk mengumumkan kepada jama’ah shalat dzuhur , bahwa ia sedang membutuhkan bantuan financial. Kita semua tahu bagai mana keadaan syiria saat ini. kisah pertemuan dengan orang Syiria ini baru kutulis sekitar satu paragraph lebih, tapi ternyata setelah sampai ke Zagazig tulisan itu tersendat-sendat, alasan karena lelah setelah seharian bekerja di café Pelangi rasanya kurang bisa di terima, karena seharusnya  aku menjalankan jadwalku bahwa setiap hari sebelum tidur aku harus menulis.

Pulang ke Zagazig, rasanya seperti pulang ke kampung halaman sendiri. Mungkin karena sudah bertahun-tahun aku tinggal di ibu kota provinsi Syarqiyyah ini, satu minggu saja meninggalkan kota kecil itu sudah merasa rindu. Apa lagi nanti ketika aku harus pulang ke Indonesia untuk selamanya. Entah, apakah aku masih bisa menginjakan kaki lagi di kota yang penuh dengan sejarah ini. Semoga Allah masih memberikan kesempatan padaku untuk bisa mengunjunginya kembali setelah nanti kembali ke Indonesia.

Sedikit tercengang, setelah sampai di Zagazig ternyata banyak yang berubah, bangunan-bangunan yang kemarin belum rampung sekarang semuanya sudah hampir selesai. Malah sudah terlihat berwarna-warni dengan cat temboknya yang sangat cerah. Seperti itulah orang Mesir, mereka sangat senang dengan warna yang mencolok, merah, kuning, orange, ungu dan biru tua. Tidak heran jika sebagian kawan-kawan Malaysia di sini menamai rumah mereka dengan warna cat Imarah (flat) yang mereka tinggali, ada imarah hijau, ada juga imarah biru.

Sedikit refleksi mengenang dua minggu kemarin, apa yang sudah ku kerjakan. Semoga Allah mengampuni segala dosa yang kita perbuat baik disengaja ataupun tidak disengaja. Bukan kah Amiirul Mu’minin Khalifah Umar bin Khattab pernah berkata: “Hasibu anfusakum qobla antuhasabu.“ (Evaluasilah (hisablah) dirimu sendiri sebelum kalian dihisab (di hadapan Allah kelak)”.  Perkataan Umar mengajari kita untuk selalu mengintropeksi diri.

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِـيْراً

Ya Allah ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku, serta kasihilah mereka berdua seperti mereka mengasihiku sewaktu kecil.

Zagazig, 27/01/2013

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s