Sedikit Namun Berbuah Syurga

Image

Jangan Remehkan Sekecil Apapun Kebaikan Itu..

Dikisahkan bahwa ada seorang raja yang ingin membangun sebuah masjid murni dari hartanya sendiri. sebelum pembangunan dimulai dia umumkan dan peringatkan bahwa tidak ada seorangpun yang boleh menolongnya membangun masjid yang akan dibangunya itu baik dengan harta ataupun dengan yang lainya, karena raja ini ingin masjid yang ia bangun itu murni dari hartanya sendiri.

Rajapun mulai membangun masjid itu setelah selesai, siraja menamakan masjid itu dengan namanya sendiri.. masjid raja fulan bin fulan…Suatu malam raja bermimpi ,didalam mimpi nya raja itu melihat ada seorang malaikat turun dari langit, lalu menghapus nama raja yang tertulis di masjid itu kemudian menuliskan nama seorang wanita fulanah bin fulan… Ketika bangun raja itu kaget,lalu mengutus beberapa prajurit untuk melihat masjid itu, apakah nama dia masih ada tertulis disana atau tidak? Tak lama kemudian para prajurit melaporkan.. bahwa di masjid masih nama raja yang tertulis..

Malam kedua raja bermimpi lagi, mimpinya persis dengan mimpi yang semalam, ada seorang malaikat turun dari langit, kemudian menghapus nama raja kemudian menuliskan nama seorang wanita fulanah bin fulan. Di pagi harinya raja mengutus beberapa prajurit untuk memastikan apakah namanya masih ada tertulis disana atau tidak..Prajuritpun pergi melihat kemudian mengabarkan ke raja bahwa di masjid itu masih nama raja yang tertulis.. Rajapun heran dan marah..

Malam yang ke tiga mimpi itu datang lagi. ketika bangun raja menghafal nama perempuan yang ditulis malaikat di masjidnya teresebut….lalu Rajapun memerintahkan prajuritnya untuk mencari kemudian mendatangkan kepadanya perempuan yang bernama fulanah bin fulan tersebut..Tak butuh waktu lama prajuritpun mendatangkan kepada raja fulanah bin fulan tersebut ., tenyata dia seorang perempuan tua yang dari penampilannya keliahatan dia itu seorang yang sangat miskin sekali. rajapun mulai bertanya: “Apakah kamu membantu membangun masjid yang saya bangun?” Tanya raja.
Perempuan itu menjawab: “saya hanya seorang perempuan yang sudah tua dan saya orang sangat miskin kemudian saya juga mendengar raja melarang orang lain untuk membantu raja membangun masjid yang raja mau bangun, dan saya tidak berani melanggar larangan raja”..kemudian raja berkata : “saya bertanya karena Allah maka jawablah dengan jujur, apa yang kamu lakukan di saat pembangunan masjid itu?”..

perempuan tua itu berkata: “Demi Allah wahai raja saya tidak pernah melakukan apa-apa kecuali.. kecuali.. suatu hari di saat pembangunan masjid, saya melewati masjid itu, lalu saya melihat seekor binatang yang sedang membawa bahan-bahan bangunan terikat disamping masjid dan tidak jauh dari binatang itu ada sebuah ember air. saya melihat binatang itu ingin mendekati air itu untuk minum tapi tidak bisa, karena talinya tidak sampai. Saya melihat binatang itu sangat kehausan, lalu saya mendekatkan ember itu ke binatang agar dia bisa meminum air yang ada di ember tersebut”..Raja berkata kepada wanita tua itu.. “kamu melakukan amalan kamu itu karena Allah maka Allah menerima amalan kamu itu.. sementara saya melakukan amalan saya itu agar dikatakan ini masjid raja fulan bin fulan.. makanya Allah tidak menerima amalan yang saya lakukan”..
Kemudian raja memerintahkan untuk menuliskan nama perempuan itu sebagai nama masjid…

Subahanallah..Jangan pernah meremehkan sekecil apapun amalan baik… Karena kita tidak tahu amlan baik yang mana yang akan memasukan kita ke syurga atau amalan baik mana yang akan menyelamatkan kita dari api nereka….

Zagazig, 12/12/2013

Nb: Cerita ini diambil dari fb bang Kasmon Prasetya, setelah diedit ulang..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s